Begini Penjelasan BMKG Terkait Hujan Es Di Pekanbaru

Publisher Syafira Lacitra Amanda Riau
25 Mar 2023, 19:14:29 WIB
Begini Penjelasan BMKG Terkait Hujan Es Di Pekanbaru

Pekanbaru, VokalOnline.Com - Beberapa titik di wilayah Kota Pekanbaru mengalami hujan deras yang disertai butiran es sebesar kelereng, Sabtu sore.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna menjelaskan fenomena ini disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi sejak pagi hingga siang atau sore hari sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.

"Ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Fenomena yang biasa terjadi biasanya angin puting beliung dan hujan es," terangnya.

Kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terpantau masih berpotensi terjadi selama beberapa hari kedepan di beberapa wilayah Provinsi Riau.

Ia meminta masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang

"Khusus untuk daerah bertopografi curam atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut," tambahnya.

Berdasarkan pantauan, hujan deras disertai serpihan es tak hanya terjadi di daerah Panam, diketahui fenomena serupa juga terjadi di Jalan Rambutan dan Jalan Paus.

Selain itu BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Ditambahkannya, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 °C dengan kelembapan udara 58 - 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah). **Syafira

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment