KTT BRICS Digelar 22 Agustus di Afsel, Jokowi hingga Xi Jinping Hadir

Publisher Vol/fit Internasional
21 Agu 2023, 19:42:52 WIB
KTT BRICS Digelar 22 Agustus di Afsel, Jokowi hingga Xi Jinping Hadir

Ilustrasi bendera Afrika Selatan. Foto: iStockphoto/RECSTOCKFOOTAGE


Jakarta, VokalOnline.Com - Organisasi ekonomi Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS) akan menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 22-24 Agustus 2023.

Pertemuan tersebut bakal dihadiri Presiden China Xi Jinping hingga Presiden Indonesia Joko Widodo.

Kepala negara lain yang diprediksi hadir yakni Presiden Brasil Lula da Silva, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan perwakilan Rusia yang dipimpin Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Presiden Vladimir Putin disebut hanya hadir secara virtual.

"Indonesia diundang dalam KTT BRICS. Tentunya, disela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara lain," kata Jokowi di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara, Minggu (20/8).

Jokowi mengatakan ini adalah kali pertamanya melawat kawasan Afrika selama menjabat presiden. Dia menyebut RI dan Afrika punya hubungan histori yang panjang.

Kunjungan Jokowi ke Afrika berlangsung di tengah kabar yang menyebut bahwa Indonesia akan bergabung dengan BRICS.

Jokowi dalam kesempatan terpisah sebelumnya mengungkapkan pemerintah belum memutuskan akan bergabung atau tidak dengan organisasi tersebut.

Pertemuan puncak BRICS yang akan dimulai besok kemungkinan akan membahas sejumlah isu.

Salah satu topik yang kemungkinan muncul di meja yakni ekspansi BRICS dengan penambahan anggota.

Pemerintah Afrika Selatan sebelumnya menyatakan lebih dari 40 negara menyampaikan ketertarikan mereka untuk bergabung dengan BRICS. Negara itu di antaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Argentina, Mesir hingga Indonesia.

Isu lain yang mungkin dibahas yakni meningkatkan penggalangan dana dan pinjaman mata uang lokal New Development Bank (NDB), hingga kerja sama ekonomi, demikian dikutip Reuters.(vol/fit)**

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment