Penyuluhan Hidroponik dan Pembuatan Agrowisata Skala Mikro
oleh Mahasiswa Kelompok 5 KKN Smart Universitas Muhammadiyah Riau

Publisher Vol/fit Opini
09 Agu 2023, 20:41:11 WIB
Penyuluhan Hidroponik dan Pembuatan Agrowisata Skala Mikro

VokalOnline.Com - Kelompok wanita tani ( kwt ), serta masyarakat kelurahan tirta siak kecamatan tampan kota pekanbaru bersama dengan mahasiswa kkn universitas Muhammaddiyah riau kelompok 5 yang beranggotakan 20 orang dibawah bimbingan ibu afriati ilma lubis, M. Psi., Psikolog , kini tengah melaksanakan kuliah kerja nyata (Kkn) dengan program kerja " Lingkungan dan kelestarian alam pemanfaatan limbah masyarakat menjadi hidroponik pada kelompok tani" .

Yang bertujuan untuk masyarakat memperoleh wawasan tentang media tanam hidroponik serta manfaat pengegoloaan limbah plastik di Rt 02 Rw 05 kelurahan tirta siak.

Mahasiswa kkn universitas Muhammad riau kelompok 5 ini melaksanakan pelatihan budidaya hidroponik yang diadakan pada hari minggu ( 06/08/2023) di kediaman bapak rw 05 kelurahan tirta siak, bersama dengan ibu ibu kwt ( kelompok wanita tani) rt 02 rw 05 kelurahan tirta siak yang sangat antusiasme dalam menjalankan program ini sangat bersemangat, ambisius dan aktif. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya hidroponik, sehingga masyarakat mempunyai ilmu untuk melakukan usaha baru.


Penanaman nilai edukasi pada kegiatan ini merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan dan dilanjutkan oleh masyarakat sekitar guna memajukan perekonomian ,selain itu kegiatan ini berguna untuk melestarikan kembali wadah plastik seperti botol plastik. 

Dalam kegiatan pelatihan hidroponik, mahasiswa kkn kelompok 5 melakukan demonstrasi terlebih dahulu bagaimana cara menanam dan merawat tanaman hidroponik dengan baik dan benar, kemudian ibu ibu kwt ( kelompok wanita tani ) mempraktekan secara langsung bagaimana cara menanam dengan benar dengan bahan yang telah disiapkan oleh kelompok 5.

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment