Mahasiswa Kelompok 18 KKN SMART UMRI Menyulap Halaman Aula Menjadi kebun Obat
Keluarga (TOGA) dan Penanaman Hidroponik di Kelurahan Tuah Madani

Publisher Vol/fit Opini
09 Agu 2023, 11:48:09 WIB
Mahasiswa Kelompok 18 KKN SMART UMRI Menyulap Halaman Aula Menjadi kebun Obat

VokalOnline.Com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan penanaman bibit hidroponik di Perumahan Griya Firdaus Permai, kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, (Minggu, 30 Juli 2023).

Penanaman bibit dilakukan oleh anggota KKN SMART Universitas Muhammadiyah Riau Kelompok 18. Adapun bibit yang ditanam adalah bibit tanaman kangkung dan lain lain. Hal ini disambut baik oleh Masyarakat Tuah Madani yang di dampingi oleh bapak Zulkhairnain selaku RT 01.

"Penanaman dengan sistem hidroponik lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan sistem konvensional, dimana dengan sistem hidroponik waktu yang dibutuhkan lebih singkat, ruang lingkup yang digunakan juga lebih sedikit bahkan untuk ibu ibu rumah tangga yang memilki halaman rumah tidak cukup luas pun dapat menanam tanaman hidroponik, lebih bersih penerapannya dan terbebas dari pestisida" ujar Salah satu Masyarakat Tuah Madani. 

Penanaman dengan sistem hidroponik memiliki banyak kelebihan daripada penanaman dengan sistem konvensional, antara lain lebih sedikit ruang yang digunakan, sistem hidroponik dapat ditempatkan di mana saja, lebih singkat waktu tumbuh, lebih bersih penerapannya, nutrisi dapat didaur ulang atau disiram ke tanaman biasa, serta tidak adanya pestisida.


Selain menanam tanaman hidroponik Mahasiswa KKN SMART UMRI kelompok 18  juga menanam Toga (Tanaman Obat Keluarga) yang dimana ini akan berguna untuk kesehatan warga sekitar Kelurahan Tuah Madani, terlebih setelah pasca keadaan covid ini.

Adapun Toga yang di tanam adalah kunyit, serai, kencur, lidah buaya, dan serai. Riyan Falah Al Wahid selaku Ketua dan perwakilan dari anggota KKN UMRI Kelompok 18 berharap dengan adanya Toga ini dapat membantu warga terutama pada saat pandemi ini, bahkan cuaca yang kadang berubah bisa mempengaruhi kondisi kesehatan warga yang harus berkegiatan ataupun bekerja di luar rumah.

"Semoga dengan adanya Toga ini dapat meringankan warga dalam mengobati berbagai gejala penyakit ringan seperti pilek, batuk, demam dll. Sehingga dapat mencegah perkembangan dan penularan virus lainnya". Ujar Riyan Falah Al Wahid selaku Ketua Kelompok 18

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment