Bupati Kampar dan BPJS Tenaga Kerja Resmikan FGD Perlindungan

Publisher Vol/Syu Riau
12 Okt 2021, 20:27:09 WIB
Bupati Kampar dan BPJS Tenaga Kerja Resmikan  FGD Perlindungan

Bupati Kampar Catur Sugeng menerima cinderamata dari BPJS Tenaga Kerja. HASBI


BANGKINANGKOTA (VOKALONLINE.COM) - Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH membuka secara resmi Forum Grup Diskusi (FGD) manfaat perlindungan Tenaga Kerja bagi Non Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Kampar.

FGD tersebut ditaja oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Tenaga Kerja Kabupaten Kampar. Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang Rapat lantai III Kantor Bupati Kampar pada Selasa (12/10).

Selain membuka FGD Manfaat perlindungan Ketenagakerjaan, Bupati Kampar juga menyerahkan secara simbolis santunan diantaranya Diki Yoga Pratama putera Almarhum Kiki Kumala Sari menerima santunan beasiswa sebesar Rp79. 500.000 penyerahan santunan ahli waris Andrew Lisa Putera, Zalfran Deswan Alfarizi Rp42.000.000 dan penyerahan ahli waris almarhum Kiki Kumala Sari sebesar Rp42 juta.

Dalam arahannya Bupati Kampar menyampaikan bahwa Jaminan Sosial Tenaga Kerja sangat penting, Pemerintah Daerah sangat mendukung adanya jaminan sosial yang berguna untuk memberikan kenyamanan bagi tenaga kerja non ASN di Kabupaten Kampar.

Selain itu dirinya memandang pentingnya Diskusi agar karena melalui forum diskusi semua pihak bersama–sama  mengerti dan paham akan manfaat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan semua OPD nantinya bisa mengambil langkah–langkah strategis dalam rangka memberikan jaminan perlindungan bagi Pegawai Pemerintah Non ASN yang berada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kampar, serta Mitra ataupun pemangku kepentingan yang terkait dengan OPD masing-masing.

"Saya memandang Forum Diskusi ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena melalui forum ini kita bersama–sama mengerti dan paham akan manfaat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dan semua OPD nantinya bisa mengambil langkah–langkah strategis dalam rangka memberikan jaminan perlindungan  bagi Pegawai Pemerintah Non ASN yang berada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kampar, serta Mitra ataupun pemangku kepentingan yang terkait dengan OPD masing-masing,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan tujuan agar semua Pegawai Non ASN dapat tenang dalam bekerja dan berusaha tanpa harus memusingkan biaya jika terjadi resiko dalam bekerja. Sehingga para tenaga kerja dapat fokus dalam melaksanakannya tugasnya masing-masing.

Bupati Kampar dalam kesempatan itu juga memaparkan Berdasarkan jumlah tenaga kerja Kabupaten Kampar yang terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, maka dapat dilihat bahwa masih sebagian kecil tenaga kerja yang terlindungi yaitu 59.848 tenaga kerja penerima upah (sumber BPJS Ketenagakerjaan) dari total jumlah Tenaga Kerja kerja tahun 2021 sebanyak 176.902.

Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan berdasarkan data diatas dapat menjadi PR kita bersama bagaimana program mulia dari Pemerintah ini dapat terlaksana dengan baik karena perlindungan BPJS Ketenagakerjaan adalah perlindungan dasar/ minimal yang dimiliki oleh tenaga kerja, sehingga di perlukan langkah-langkah strategis dari semua pihak.

Diakhir arahannya Bupati Kampar berpesan kepada seluruh Kepala OPD untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan memastikan agar seluruh Pegawai Pemerintah dengan status Non Aparatur Sipil Negara di masing-masing OPD Kampar telah terlindungi diprogram BPJS Ketenagakerjaan ini.

Untuk OPD terkait dapat menghimbau agar semua pekerja atau pemangku kepentingan yang berada di bawah koordinasinya untuk terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya minta kepada seluruh Kepala OPD untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan memastikan agar seluruh Pegawai Pemerintah dengan status Non Aparatur Sipil Negara di masing-masing OPD Kampar telah terlindungi diprogram BPJS Ketenagakerjaan ini," pungkasnya. (hasbi)

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment