Pemkab Bengkalis Ingin Genjot Budidaya Kolam Ikan Darat

Publisher Vol/Syu Ekonomi
15 Apr 2021, 00:53:54 WIB
Pemkab Bengkalis Ingin Genjot Budidaya Kolam Ikan Darat

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersama Kepala DKP Herliawan. IST


BENGKALIS (VOKALONLINE.COM) - Gerakan cepat tanggap terus dilakukan Wabup Bengkalis Bagus Santoso. Seusai sidak ke Disdagperin tancap gas  menuju Dinas Kelautan dan Perikanan.

Wabup Bagus Santoso disambut langsung Kepala DKP Herliawan Sekretaris Agusnelly serta ASn lainnya diantaranya Kepala Bidang Perikanan Budidaya Susi Feniyanti, Kepala Seksi Pencatatan Usaha Perikanan serta Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Jhonny Handoko.

Dalam kesempatan itu, Kadis Herliawan menyampaikan terkait regulasi yang terbaru. Diketahui sejumlah program seperti Bidang penangkapan ikan laut kewenangan tidak lagi berada di Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Ada beberapa kewenangan yang tidak di kita lagi. Hal ini membuat kita harus putar haluan fokus disektor-sektor yang menjadi kewenangan kita. Untuk nelayan tangkap sudah diambil wewenangnya pemprov, Satu satunya solusi mulai sekarang mengembangkan dan memfokuskan pada budidaya perikanan di darat,” ungkap Herliawan, dilansir Diskominfotik.bengkalis.go.id.

Pada potensi perikanan tangkap setelah wewenang dicabut dari pemkan maka Wabup Bagus Santoso menekankan bahwa adanya regulasi maka  DKP Bengkalis harus fokus dalam memfasilitasi nelayan  untuk mendapatkan bantuan dari pemprov dan Pemerintah Pusat.

“Sekarang kita hanya fasilitasi bagaiamana keluarga kita nelayan dibantu mendapatkan bantuan Pemprov dan Pusat. Dinas Perikanan harus fokus memberdayakan masyarakat yang memang berusaha didaratan. Yaitu kolam ikan jenis darat, udang vaname dan lainnya,” kata Wabup.

Dari sidak orang nomor dua di Negeri Junjungan tersebut menemukan kesepakatan bersama Kepala DKP bagaimana pemberdayaan kolam usaha didarat misalnya kolam kolam galian bekas usaha batu bata yang tersebar di kecamatan Bantan. Disamping. Juga memetakan kolom ikan di seluruh desa.

Tolong gerak cepat bahas bersama dengan kawan kawan di DPRD supaya  di perubahan sudah ada data kongkrit seberapa potensi kolam tersebut.

“Kondisi ini secepatnya kita petakan.  Satu persatu kolam tidur kita bangunkan, kita isi dengan jenis ikan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutup Bagus Santoso.***

Berita Terkait :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment